Culture beyond the Classroom

Pengadilan Tipikor Daerah Salahkah?


Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD mengusulkan agar pengadilan tindak pidana korups (Tipikor) di daerah untuk dibubarkan. Sontak ide tersebut langsung menuai pro dan kontra. Salahkan Tipikor di daerah sehingga layak dibubarkan?

Usulan itu dilandasi karena banyaknya putusan pengadilan di daerah yang sering melukai rasa keadilan masyarakat. Putusan yang ditelurkan Tipikor daerah banyak dilihat menguntungkan terdakwa korupsi. Teranyar adalah putusan bebas Walikota Bekasi, Mochtar Mohammad.

Tapi, benarkah putusan tersebut kemudian harus lembaga Tipikor yang dibubarkan. Rasa-rasanya tidak juga. Sebab Tipikor hanyalah sebuah lembaga yang pada hakikatnya dijalankan para hakim yang produknya dari lembaga kehakiman. 

Hal tersebut sebetulnya bermula dari mekanisme rekruitmen hakim-hakim yang tidak kredibel dan dengan mekanisme yang tidak akuntabel. Mahkamah Agung (MA) yang memegang peranan kunci dalam proses rekruitmen harus bertanggung jawab. Meski tak menutup kemungkinan adanya jaksa yang kurang kredibel.

Dilakukannya perbaikan dan evaluasi internal dirasakan juga penting mengingat para hakim yang bekerja di daerah tentu tak pernah tersorot seperti layaknya para hakim di pusat.

Selain persoalan evaluasi hakim, lembaga pengawas kehakiman seperti Komisi Yudisial juga perlu merambah ke ranah perbaikan tersebut. KY juga harus bisa memantau perilaku hakim yang bekerja di daerah agar mereka sesuai dengan kompetensi hakim yang baik.

Intinya, Tipikor di daerah perlu dipertahankan dan tinggal bagaimana evaluasi terhadap jaksa dan hakim yang perlu dilakukan secara kesinambungan. Sanksi tegas bagi hakim melanggar etik juga perlu diterapkan supaya timbul efek jera. Karena tak mungkin menarik semua korupsi di Tanah Air ke pusat mengingat banyaknya kasus korupsi. Jadi, bukan Tipikor yang salah kan.

Filed under: INDONESIA KU, SPECIAL NEWS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: