Culture beyond the Classroom

Manfaat Ciuman. adakah…???


“ciumanku bukan barang murah, bagiku ciuman adalah simbol penghormatan. Pada jiwa dan raganya, pada tumpahan rasa. Ciuman adalah jembatan yang menyampaikan berjuta rasa dan bahasa. Ciuman tidak Cuma hanya. Ciuman bisa jadi segalanya. Dan begitupun aku menghasrati menciumnya, karena aku merasa ingin menumpahkan banyak hal tentang rasa yang sungguh enggan aku bahasakan dengan kata. Dan dengannya, sejak awal jumpa, kami bahasakan dengan bahasa ciuman.” [Kata si penulisnya]

Ciuman ternyata memiliki daya efektif untuk melawan sejumlah penyakit.

Ciuman Cegah Penyakit Jantung
Ciuman dalam waktu lama memiliki manfaat positif terhadap sistem peredaraan darah dan jantung. Saat seseorang berciuman, denyut nadi perjalanannya akan terpacu lebih cepat hingga 110 ketukan per menit. Kondisi ini sangat baik untuk melatih kerja jantung.

Ciuman Cegah Penyakit Paru-paru
Usai ciuman, paru-paru akan bekerja keras dan mampu menghasilkan 60 tarikan nafas per menit. Dalam kondisi normal, hanya 20 tarikan nafas. Seperti sistem ventilasi udara, semakin banyak tarikan nafas pertukaran udara di paru-paru pun semakin baik. Kondisi ini merupakan jalan yang baik untuk mencegah penyakit paru-paru.

Ciuman Cegah Karang Gigi
Sejumlah dokter gigi mempercayai ciuman dapat mencegah pembentukan karang gigi. Ciuman menstimulasi produksi air liur yang dapat menghancurkan asam yang melapisi gigi.

Ciuman Cegah Stres
Ciuman lebih dari tiga menit membantu kita melawan stres. Ciuman dalam waktu lama menstimulasi reaksi kimia yang mampu menghancurkan hormon stres.

Ternyata ciuman tidak hanya membuat si pelakunya, Anda dan pasangan serasa mabuk kepayang, namun juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, wow! Banyak wanita yang dapat menilai dengan tepat kelanjutan hubungan dengan seorang pria pada saat ciuman pertama. Kok bisa? Intuisi wanita akan mengatakan apakah hubungan akan berlanjut atau tidak setelah merasakan ciuman pertama tersebut. Tidak masuk di akal? Hei, ini, kan intiusi…. Ternyata ciuman juga memiliki banyak manfaat lebih positif dan menciptakan ikatan batin lebih dalam dibanding seks. Ciuman yang baik melibatkan lidah dan akan berpengaruh terhadap proses fisiologis tubuh yang menciptakan rasa nyaman dan bahagia sehingga kontak batin yang kuat dapat terjalin. Hal ini disebabkan bibir dan mulut memiliki kumpulan syaraf sensitif paling banyak, bahkan lebih banyak dari syaraf di alat genital kita, loh! Ciuman dengan pasangan juga menyehatkan tubuh, dikatakan bahwa air liur yang keluar saat berciuman akan “mencuci” gigi dari bakteri yang menempel dan membantu memecah plak agar tidak jadi terbentuk. Dan French Kiss (yang adalah favorit kita itu, loh!) juga “mengolahragakan” jantung dan otot-otot wajah sehingga tetap kencang dan awet muda. Ciuman bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu melangsingkan karena ciuman dapat membakar dua kalori per menitnya dan melipatgandakan metabolisme. Ciuman juga memicu produksi oxytocin yang menciptakan rasa nyaman dan menimbulkan ikatan batin. Oxytocin ini paling banyak terdapat di puting payudara dan terpacu untuk keluar jika dirangsang dengan ciuman menggunakan bibir, lidah, dan mulut. Secara umum ciuman dapat menstimulasi otak untuk merasakan bahagia, gairah seksual, dan perasaan nyaman. Wah, dengan begitu banyaknya manfaat ciuman bagi kita, tunggu apalagi? Selamat berciuman!!!!

Supaya nggak terlalu membingungkan, ada baiknya mengetahui beberapa hal unik dan lucu tentang ciuman yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Berciuman menggerakkan 29 otot wajah, dengan kata lain, dengan berciuman, Anda akan lebih muda, karena mencegah kerutan di wajah.
2. Pasangan yang berciuman saling menukarkan zat seperti lemak, mineral, dan protein. Hal ini akan mendorong pembuatan antibodi, yang akan digunakan untuk melawan berbagai macam penyakit. Jadi berciuman itu ekstra sehat loh!
3. 66 persen pasangan menutup mata saat berciuman, sedangkan sisanya sangat menikmati bagaimana emosi menjalari wajah pasangan mereka.
4. Menurut statistik Amerika, seorang wanita akan mencium setidaknya 80 orang laki-laki sebelum akhirnya menikah
5. Ciuman romantis akan membakar 2-3 kalori, sementara French Kiss akan membuang 5 kalori, dengan kata lain, semakin sering Anda berciuman, semakin banyak kalori anda terbakar.
6. Sensitifitas bibir 200 kali lebih tinggi daripada jari Anda
7. Para pria yang mencium istrinya sebelum berangkat kerja, akan memiliki usia 5 tahun lebih lama, sedangkan pria yang hanya menutup pintu ternyata lebih cenderung terlibat masalah kecelakaan di jalan.
8. Berciuman penuh gairah selama 90 detik akan mengangkat tekanan darah dan meningkatkan detak jantung. Hal ini juga akan meningkatkan level hormon dalam darah, jadi akan menambah usia 1 menit! Mau panjang umur? Sering-sering berciuman ya!
9. French Kiss adalah tipe ciuman yang disebut sebagai ‘jembatan jiwa’, dalam ciuman tipe ini, bukan hanya bibir yang bergerak, tapi lidah juga lho!
10. Pada saat orang eskimo saling bertemu, mereka tidak hanya sekedar menggesekkan hidung. Pada saat hidung bertemu, bibir juga terbuka. Pada saat ini mereka akan menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya kuat-kuat. Dengan cara ini mereka akan menikmati aroma tubuh masing-masing pasangan.
11. PDA (Public Display of Affection), termasuk berciuman, biasanya kurang diterima di Jepang, Taiwan, China dan Korea. Di Jepang, sebelum berciuman, mereka harus menjaga jarak, saling membungkuk, barulah kemudian berciuman di bibir selama sedetik!
12. Tubuh mereka yang berciuman akan memproduksi suatu zat yang memiliki kekuatan 200 kali lipat morfin. Oleh karena inilah, mereka yang berciuman seringkali merasa kebahagiaan dan kegembiraan yang luar biasa.
13. Berciuman bikin anda rileks dan mengurangi stress!
14. Sepanjang hidupnya, manusia rata-rata menghabiskan waktu selama dua minggu untuk berciuman
15. Ciuman selama satu menit akan menghabiskan 26 kalori dalam tubuh Anda!
16. 50% orang di dunia ini, pertama kali merasakan ciuman penuh cinta di bawah 14 tahun!

Filed under: CINTA, INTERNATIONAL, KESEHATAN, MISTERY, TIPs & TRIK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: