Culture beyond the Classroom

budget untuk pengamen !?


Pengamen, pengamen, pengamen, pengamen, dan pengamen..

saking banyaknya yang jadi pengamen,mata kita sampai2 terbiasa. Ngamen sepertinya sudah menjadi “job” favorit di jakarta. Dari yang muda bahkan balita sampai yg tua jadi pengamen. Beberapa mereka masih sekolah dan “ngamen” hanya dijadikan sampingan atau hobi. Tapi ada juga yang mengamen sebagai kegiatan utama untuk menyambung hidup katanya.

pengamen juga macem2,ada yang bersih rapi, ada yang berantakan. Ada yang bagus suaranya,ada(banyak) yang pales/cempreng. Klo bagus+ enak didenger,kynya iklas ngasi duit seribu,tpi klo pales pgn cepet2 turun bes..dalam sehari,kita bisa ketemu paling sedikit 5-6 pengamen(PP),klo tiap pengamen kita ngasi seribu,jadi sehari 5-6rbu*20 hari=100-120ribu/bulan. wow!!,lumayan juga budget buat pengamen. 

masing2 pengamen punya modus berbeda untuk dapet duit. ada yang cara halus,nyanyi nya bagus tanpa perlu menyindir penumpang dengan kata2,”tolong hargai kami!” atau “daripada kami mencopet..” atau juga “jangan pura2 tidur!” atau lagi “semoga anda masih punya hati nurani”. sangat2 menyebalkan. memang mereka pikir begitu gampangnya cari uang?? dengan cuma nyanyi 1 lagu berharap penumpang 1 bis masing2 ngasi duit seribu. bahkan ada yang sampe bawa2 anak sgala.

klo dipikir2,mgkin penumpang2nya yang terlalu baik,jadi pengamen betah terus mengamen dan banyak yg mau jadi pengamen_

klo lg suntuk,trus ktmu pengamen yg suaranya enak,bisa bikin bagus ‘mood’. yang parah, klo lg error ktmu pengamen yg suaranya ancur+kepedean ama suaranya sampe nyanyi 8oktav,kyanya pengen ngambil gitarnya sambil blg “wooiiyy!! turun aja lo..”

lagi2,fenomena pengamen ada krna banyaknya pengangguran,berharap bisa berkurang angkanya,jdi pengamen ga tambah banyak..

FYI: oo..iya,ampir lupa sama ‘pengamen tetap’ di kampus. dari gw masuk smester 1,ni orang udah ada, sampe skrg pun masi ada..dan yg ajaib lagi,selau nyanyiin lagu yang sama,”ku menanti seorang kekasih,yang tercantik yang datang di hari ini,adakah dia kan slalu setia,bersanding hidup penuh pesona,harapanku..”,penampilannya pun juga sama.awal2,ngasi,tpi mulai smester brapa(agak lupa), uda ga ngasi lg,karna bosen+eneg+bete’ ngliatnya. salah satu contoh orang “statis”,  ga mau ngubah nasib,padahal fisik masi komplit. sampe kapan tu pengamen bakal ngamen,nyanyiin lagu itu2 juga?? yang plg aneh,knpa lagunya itu terus?? apa dya ga punya tipi? (mungkin). apa dya ga punya hp yang bisa muter musik? (mungkin) walopun ga punya tipi atau hp musik,masa’ dya g pernah nntn acara musik yang muter lagu2 baru??(ini yang ga mungkin)..kynya harus ditanya langsung. oops! males bgt,tpi penasaran juga. hahaaa….!!!!

abiizz,.

by : bo_choy

Filed under: bo_choy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: