Culture beyond the Classroom

Jangan rusak otak anda


Kesehatan adalah sesuatu yang sangat mahal harganya, sudah sewajarnya sebisa mungkin kita harus menjaga kesehatan kita, tentunya kita tak ingin salah satu organ yang ada di tubuh kita tidak berfungsi dengan baik atau bahkan rusak. seperti halnya otak kita, kadang tanpa kita sadari kita sering melakukan kebiasaan kecil yang kita anggap sederhana tetapi memiliki dampak negatif pada otak kita, dan dapat membuat otak kita terganggu, tidak bekerja dengan baik sebagaimana mestinya, atau bahkan rusak. apa saja kebiasaan kecil yang dapat merusak otak tersebut.

1. Tidak mau sarapan pagi
Banyak orang meremehkan sarapan. Dan jangan mengkonsumsi apapun di pagi hari dan menyebabkan penurunan kadar gula darah (anggapan yg salah). Hal ini mengakibatkan kurangnya asupan nutrisi ke otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak. Sarapan yang terbaik di pagi hari
bukanlah makanan berat seperti burger khusus, tapi segelas air dan segelas jus buah segar sudah cukup. Kompak dan berguna bagi tubuh.

2. Banyak Makan
Terlalu banyak makan mengeras verssel darah otak yang biasanya menyebabkan menurunnya kekuatan mental. Jadi porsi makan normal. Membiasakan diri Anda dengan cara membantu berhenti makan sebelum kau kenyang.

3. Merokok
Jika rokok memiliki banyak efek buruk, semua orang pasti sudah tahu.
Dan ada satu lagi efek buruk rokok yang terungkap di sini. Merokok itu sangat menakutkan efeknya pada otak! Bayangkan, otak manusia secara bertahap dapat menyusut dan akhirnya kehilangan fungsinya karena terhisapnya asap rokok. Tidak diragukan lagi waktu tua bahkan ketika masih muda, kita cenderung Alzheimer (Alzheimer adalah penyakit pikun).

4. Mengkonsumsi banyak gula
Terlalu banyak asupan gula akan mencegah penyerapan protein dan gizi yang membuat tubuh mendapatkan gizi buruk dan mengganggu perkembangan otak. Oleh karena itu, kurangi mengonsumsi permen favorit Anda.

5. Polusi Udara
Otak adalah bagian tubuh yang paling menyerap udara. Terlalu lama di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.

6. Terlambat Tidur
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering mengabaikan
tidur membuat sel-sel otak mati kelelahan. Tapi jangan terlalu banyak tidur karena dapat membuat Anda menjadi malas dan lambat. Harus tidur 6-8 jam sehari untuk sehat dan bugar.

7. Menutup kepala saat tidur
Tidur dengan kepala ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur membuat otak berkonsentrasi dengan polutan. Jangan heran jika dari waktu ke waktu otak menjadi rusak.

8. Berfikir keras saat sakit
Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh tidak fit juga membuat
ketidakefektifan otak. Sudah tahu Anda tidak sehat, Anda harus istirahat dan tidak memaksakan otak Anda.

9. Kurangnya Stimulasi Otak
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak bekerja secara optimal. Rajin membaca, mendengarkan musik dan bermain (catur, scrabble, dll)
akan membuat otak Anda terbiasa berpikir aktif dan kreatif.

10. Jarang Bicara
Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada otak. Jadi jangan terlalu bangga menjadi orang yang tenang. Ber-Chatting sangat baik untuk kesehatan Anda.

Filed under: INTERNATIONAL, KESEHATAN, MISTERY, MOTIVASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: