Culture beyond the Classroom

Empat Permata Dalam Tubuh Manusia


Ada empat permata dalam tubuh manusia yang dikarenakan empat permata tersebut manusia lebih mulia ketimbang makhluk lainnya. Dan juga dikerenakan empat permata tersebut manusia bisa menggapai kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Keempat permata tersebut adalah akal, agama, rasa malu dan perkerjaan yang baik/ikhlas. Namun, keempat permata tersebut akan musnah jika dalam tubuh manusia juga ada empat hal lain yang mempengaruhinya.
1. Amarah bisa menghilangkan akal: ketika amarah itu mempengaruhi kita, maka akal sehatpun takkan pernah berfungsi, nasehat-nasehat dari yang lain takkan pernah didengarkan.

2. Iri hati bisa menghilangkan agama: ini disebabkan ketika kita merasakan iri hati (dengki) dalam diri kita, maka kita cenderung melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan oleh agama. Dan ketika kita melakukan hal itu, maka tentu kita tidak ingat lagi agama kita, tuhan kita. karena, kalau kita masih ingat tuhan kita dan agama kita, maka kita takkan pernah melakukan hal itu.
3. Tamak/serakah menghilangkan rasa malu: ini sangat jelas ketika sifat serakah menjangkiti kita, ketika kita menginginkan sesuatu yang sangat kita senangi, maka rasa malu dalam diri kita akan hilang.
4. Fitnah bisa menghilangkan Amal Sholeh: wowww sungguh kejam fitnah itu hingga bisa menghilangkan amal perbuatan kita yang telah kita lakukan dengan susah payah.

Filed under: ISLAM, MISTERY, MOTIVASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: