Culture beyond the Classroom

Menginstal di linux menggunakan apt-web


Bagi sebagian temen mungkin install program secara offline pada Linux (khususnya Ubuntu), merupakan suatu hal yang cukup sulit dan merepotkan. Karena tidak seperti file installer pada software Wingdos yang sudah dijadikan satu paket, instalasi software pada Linux terkadang membutuhkan file lain (dependency) yang belum tentu di dalam system ada. Memang kita mengenal file installer *.deb yang notabene lebih memudahkan kita karena lebih terstruktur, hanya saja tetap saja, file *.deb terkadang tidak bisa berdiri sendiri. Sayangnya lagi kita tidak terkoneksi ke internet dan juga tidak mempunyai DVD Repo-nya.

Tapi jangan khawatir. Kita pun bisa menginstal software secara offline tanpa takut masalah dependensi.
Kita cukup menggunakan apt-web. Apt-web diciptakan untuk mempermudah kita dalam menginstal software, tanpa takut akan masalah dependensi. Apt-web biasanya tersedia di setiap mirror. Dengan apt-web, kita bisa memperoleh referensi dependency apa saja yang harus diinstal sebagai syarat untuk instalasi software yang ingin diinstal. Jika dikatakan ini semacam repo versi online, mungkin bisa juga :D . Ada banyak alamat web yang menyediakan fasilitas apt-web ini. Sebagai contoh :

  1. http://repo.ugm.ac.id/apt-web
  2. http://labs.fajran.web.id/p/apt-web
  3. atau yang lain. Search aja di Google dengan kata kunci ‘apt-web’. Ada banyak kok. Biasanya setiap mirror repo selalu mempunyai fasilitas ini.

Nah misalnya kita ingin menginstal mp3 player ubuntu atau mysql-server, maka yang perlu kita lakukan adalah mampir warnet sebentar. Gak lama kok. :D Kemudian masuk ke alamat apt-web. Langkah selanjutnya cukup memasukkan nama software yang ingin kita install. Selanjutnya akan tampil file -file apa saja yang harus kita download, dalam rangka menginstal software yang bersangkutan.

Menggunakan apt-web

Menggunakan apt-web – Klik untuk memperbesar

Gimana? Mudah bukan? Kuncinya masih tetep internet. Biasanya filenya kecil kecil kok. ;) Sekarang, instal software sekarang jadi lebih simple bukan? :D

Semoga membantu,..

Filed under: INFORMATIKA, KOMPUTER, LINUX, OPERATING SYSTEM, PROGRAM, SOFTWARE, TEKNOLOGI, TIPs & TRIK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: