Culture beyond the Classroom

29 Persen Orang Indonesia Ngenet Cari Resep


ORANG Indonesia makin melek teknologi gadget. Meski demikian, hanya sedikit yang memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi soal kesehatan. Justru, untuk cari resep masakan.

Indonesia memiliki penetrasi pengguna internet yang cukup tinggi di dunia. Namun faktanya, penggunaan internet sebagai sumber rujukan informasi kesehatan masih tergolong rendah.
Survei teranyar PT Philips Indonesia mengungkap orang Indonesia lebih mencari anggota keluarga dan teman (42 persen) saat ingin tahu informasi soal kesehatan. Dokter bahkan hanya menempati posisi kedua (30 persen) sebagai sumber informasi diikuti televisi (11 persen), internet (5 persen), dan koran (3 persen).

Meski demikian, para responden sepakat bahwa mereka merasa teknologi membawa perubahan yang lebih baik bagi kehidupannya. Hasil berbeda ditunjukkan masyarakat Jepang yang tidak percaya bahwa teknologi mampu membuat mereka panjang umur.

Orang Indonesia memanfaatkan teknologi terutama untuk mencari resep makanan sehat (29 persen), meningkatkan mood dan mengurangi stres (27 persen), menghitung jumlah kalori dan menelusuri aktivitas rumah (23 persen), dan mencari nomor telepon darurat (21 persen).

”Orang Indonesia percaya bahwa teknologi membuat hidunya menjadi lebih baik, baik dari sisi pendidikan, kemudahan berkomunikasi, serta membuat diagnosa kesehatan yang lebih baik. Mereka memakai teknologi untuk hidup sehat, sejahtera, dan nyaman,” papar Teguh Purwanto, General Manager Philips Healthcare dalam acara “Philips Index: Indonesia’s Health & Well-being Report 2010” di Hotel Nikko, Jakarta, belum lama.

Teguh menambahkan, faktor pertimbangan orang Indonesia mencari teknologi, di antaranya tahan lama, berkualitas, punya banyak keunggulan, dan cepat.

Survei

Survei PT Philips Indonesia dilakukan terhadap 1004 orang dari beberapa daerah di Indonesia berusia 25-44 tahun. Para partisipan ditanya soal apa yang dianggap penting dalam kesehatan dan kesejahteraannya serta seberapa puas mereka terhadap apa yang dianggapnya penting tersebut.

“Survei untuk mencari tahu persepsi masyarakat soal kesehatan dan kesejahteraan, tanpa mengukur derajat kesehatannya,“ kata Teguh.

Survei Kesehatan dan Kesejahteraan Indonesia (Philipis Index for Health and Wellbeing) 2010 ini dilakukan serentak di 30 negara di seluruh dunia. Selain Indonesia, survei juga dilakukan di Singapura, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Australia, Spanyol, Prancis, Inggris, Brasil, Jepang, USA, dan lainnya.

Filed under: INTERNET, KESEHATAN, New Gadget, SPECIAL NEWS, TEKNOLOGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: