Culture beyond the Classroom

Soal Yogya, Pemerintah Harusnya Survei Dulu


Polemik RUU Keistmewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus bergulir. Pemerintah pun mengusulkan posisi gubernur dipilih secara langsung bukan ditetapkan otomatis.

Wakil Sekretaris Jenderal LSM Mesti Nusantara, Bondan Nusantara, menilai pemerintah terlalu terburu-buru mengusulkan opsi pemilihan langsung dalam RUU Keistimewaan DIY.

“Harusnya pemerintah melakukan survei terlebih dahulu kepada masyarakat Yogya, apakah menginginkan penetapan atau pemilihan untuk menentukan Sri Sultan sebagai Gubernur,” kata Bondan, Jumat (3/12/2010) malam.

Menurut Bondan, survei menjadi alat ukur utama untuk mengetahui kehendak masyarakat Yogyakarta. Pemerintah lewat hasil survei nantinya bisa menyusun RUU tanpa harus mengabaikan keistimewaan Yogyakarta.

Lebih lanjut, Bondan menjelaskan, draf RUU keistimewaan yang diajukan oleh pemerintah pusat, belum mencakup seluruh aspek penting. Misalnya klausul yang menyebutkan posisi Sri Sultan Hamengku Buwono otomatis dicalonkan untuk mengikuti pemilihan sebagai gubernur.

“Jika dalam pemilihan itu Sri Sultan dan  Paku Alam menang justru itu yang akan repot, karena mereka kan diletakkan sebagai para raja. Itu artinya mereka memegang dua jabatan sekaligus jika kita mengacu pada RUUK tersebut. Itu yang belum diatur secara detil,” ungkapnya.

Pemerintah, sambung Bondan harus ekstra hati-hati mengusulkan keistimewaan versi baru. Pemerintah, kata dia, harusnya mengurusi persoalan yang lebih mendesak untuk diselesaikan.  “Seperti kasus saham Krakatau Steel, kasus Gayus Tambunan, itu hal-hal yang bisa dikatakan urgen,” tandasnya.

Filed under: SPECIAL NEWS

One Response

  1. Achmad says:

    Ya, hentikan saja nafsu untuk berkuasa. Tolonglah warga Yogya yang terkena musibah. Jangan ributkan kursi melulu. Rakyat sudah muak pada perebutan kekuasaan, yg hasilnya malah menyengsarakan rakyat kecil.
    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: