Culture beyond the Classroom

Korsel Akan Lakukan Serangan Udara


Menteri Pertahanan Korea Selatan yang baru saja ditunjuk Kim Kwan-jin mengatakan negaranya akan melakukan serangan balik lewat udara jika Korea Utara menunjukkan tindakan agresif lagi. Dia juga mengatakan Korsel akan benar-benar memberikan hukuman kepada pihak penyerang.

“Kami pasti akan menggunakan kekuatan udara kami untuk menyerang balik,” ujar Kim seperti dikutip AFP, Jumat (3/12/2010).

Pernyataan Kim disampaikan sebagai konfirmasi terhadap parlemen dalam sebuah sesi tanya jawab. Parlemen mempertanyakan respon apa yang akan dilakukan pejabat pertahanan jika mereka diserang lagi.

Korsel sempat melakukan serangan balasan terhadap Korut pada 23 November lalu ketika negara komunis itu menyerang Pulau Yeonpyeong milik Korsel. Serangan tersebut telah menewaskan dua marinir dan dua warga sipil dari pihak Korsel.

Militer Korsel kala itu tidak menggunakan kekuatan udara untuk membalas. Korsel khawatir serangan udara dapat meningkatkan eskalasi konflik menjadi perang.

Respon dari militer Korsel itu dianggap terlalu lemah. Kim Tae-young – Menteri Pertahanan Korsel saat itu – pun mundur dari jabatannya sebagai bentuk tanggung jawab.

Kim Kwan-jin mengatakan Korsel akan memperjuangkan hak membela diri dan akan benar-benar menghukum para penyerang sampai ancaman benar-benar menghilang.

Namun Kim menganggap kecil kemungkinan terjadinya perang besar. Dia merujuk pada kekuatan militer yang dimiliki Korsel dan sekutunya AS serta masalah-masalah domestik Korut.

Filed under: INTERNATIONAL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: