Culture beyond the Classroom

Gigi Ibu Bersih, Janin Sehat


PERJUANGAN semasa hamil memang berat. Banyak sekali ketidaknyamanan akibat perubahan hormonal. Rasa mual, tidak enak makan, morning sicknes dan masih banyak lagi. Perubahan kebiasaan seperti banyak makan, banyak ngemil dan sebagainya, juga terasa sangat meberatkan.

Dalam kondisi ini, ibu hamil sangat rentan terserang penyakit. Salah satunya sakit gigi. Menurut drg Laksmi Kusumaningtyas dari RSAB Harapan Kita, Jakarta, ibu hamil harus merawat giginya baik-baik.

Perawatan gigi pada ibu hamil disesuaikan dengan usia kandungan. Dan biasanya dilakukan pada trimester pertama dan kedua.

“Pada trimester ketiga kehamilan sudah tambah besar. Ibu hamil tidak akan nyaman lagi duduk di kursi gigi,” katanya.

Pada trimester pertama, perlu ada perhatian ekstra terhadap kesehatan gigi.

“Trimester pertama di mana ibu hamil sering merasakan mual atau emesis. Nah, kalau sudah seperti ini biasanya kegiatan sikat gigi membuat orang hamil menjadi tambah mual. Akibatnya, banyak ibu hamil yang malas gosok gigi,” jelas Laksmi.

Bila kondisi ini dibiarkan, bukan tidak mungkin muncul karies gigi.

“Pada bulan-bulan ini sering terjadi karies gigi, itu alasannya mengapa harus periksa gigi,” kata Laksmi.

Pada kondisi ini, janin harus benar-benar dijaga dari pengaruh obat-obatan. Sehingga, perlu sekali mendatangi dokter gigi supaya mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

“Pada trimester pertama juga ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat karena masa pertumbuhan janin,” sambungnya.

Trimester kedua adalah waktu yang sangat tepat untuk mendapatkan perawatan gigi.

“Pada trimester kedua ibu hamil dianjurkan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Karena pada umur-umur ini ibu hamil belum merasakan beban yang berat, masih bisa duduk di kursi gigi,” jelas Laksmi.

Pada trimester kedua ini masih dimungkinkan tindakan perawatan seperti menambal gigi yang berlubang, membersihkan karang gigi, dan sebagainya.

Kalau mencabut gigi? “Tidak boleh karena mempengaruhi adrenalin si Ibu. Nanti bisa memperkecil peredaran darah. Apalagi pada saat hamil. Tekanan darah jadi tinggi. Paling tidak pada waktu hamil tidak boleh ada pencabutan. Kalau ada lubang, dirawat saja,” kata Laksmi.

Infeksi

Apakah berbahaya bila tidak dirawat? Ya, bisa berbahaya terhadap ibu dan janin. Gigi yang berlubang biasanya banyak ditumbuhi bakteri streptochocus. Bila sejak awal ditangani, tak akan ada masalah yang berarti. Apalagi sampai mempengaruhi janin.

“Pengaruh ke janin sih sebenarnya kecil sekali kalau sudah diberikan antibiotik,” katanya.

Namun, berbahaya jika bakteri ini sudah menimbulkan infeksi pada gigi. Bakteri ini bisa menyerang bagian pulpa gigi dan menyebabkan pulpitis (infeksi pulpa).

“Efek ke janin kalau sampai terjadi abses,” jelas Laksmi.

Pengaruh akibat infeksi bermacam-macam. Yang paling banyak terjadi adalah janin lahir dalam kondisi cacat.

“Bisalah pengaruhnya terhadap janin. Pengaruh infeksi ke janin macam-macam. Salah satunya pertumbuhan janin tidak bagus. Misalnya, bibir sumbing,” ujar Laksmi.

Hal buruk lain adalah menyebarkan bakteri sampai ke janin. Bisanya hal ini terjadi bila infeksi bakteri sudah mengenai saraf gigi. Pada kondisi ini, bakteri bisa menyebar ke seluruh tubuh melalui peradaran darah.

“Bakteri ini bisa menyebar ke aliran darah, menyebar ke jantung, ginjal,” kata Laksmi.

Rasa sakit gigi yang dibiarkan juga akan menimbulkan masalah setelah proses persalinan. Sakit pada gigi seringkali membuat wanita tidak bisa memberikan ASI pada bayi.

“Kalau ibu sakit akan berpengaruh pada air susu. Itu air susu bisa terhambat. Air susu tidak keluar. Secara psikologi pengaruhnya, ya,” kata dr. Laksmi.

Filed under: KESEHATAN, SPECIAL NEWS

2 Responses

  1. info menarik. trimaa kasih

  2. Lilik says:

    Bagus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: