Culture beyond the Classroom

Headphone Add On Di Helm


Project yang satu ini juga berawal dari pengalaman pulang kampung sendirian menggunakan sepeda motor, wah rasanya kesepian banget nggak ada teman ngobrol di perjalanan. setelah aku pulang kepadang, dan masuk kamar kost aku ingin mendengarkan musik menggunakan headset ku, namun setelah ku colokkan ke laptop ku. kok ni headphone nggak ada suaranya ya? wah jangan-jangan buat main tarik tambang ama temen kostku, setelah ku cek ternyata pada ujung dan pangkal kabel terputus, wah sangking jengkelnya ku bongkar semua bagian tiap bagian tu headphone.
lalu kupandangi barang yang telah menjadi rongsokan ini, dan aku terfikir soal kesepianku berkendara sendirian saat pulang kampung, gimana kalo buat headphone yang langsung add on di Helm Racing ku itu, karena kalo pake headphone yang biasanya di pake nyantol di kuping itu waktu mau ngelepas helem, kuping agak terasa sakit. sepertinya akan lebih rilexs kalo berkendara ditemani lantunan musik-musik agar tak kesepian, heee.

Jadi mulailah aku berexperimen dengan headphone add on di helm Racing ku ini.

1. Buatlah 2 buah lubang kanan-kiri di helm dimana kuping kita menempel disana, yah kira2 sendirilah kalo pake helm kupingnya nempel dimana. buatlah lubang yang sesuai untuk speaker headphonet itu, harus pas jangan sampe longgar.
2. Kalo buat lubangnya udah selesai, solder tu speaker headphone dengan kabel bekas headphone komputer yang tadinya hanya putus di ujung dan pangkalnya, setelah selesai pasang dan rapikan headphone ke lubang di helm yang telah dibuat tadi.

3. Pasang jack 3,5mm untuk MP4/MP3/Ipod dan solder sesuai dengan polaritas yang dipasang di speaker headphone tadi. kamu juga bisa menggunakan jack yang digunakan pada Handphone untuk mengganti jack 3,5mm, jika kamu menggunakan jack hanphone pasang sekalian mic untuk berbicara jika dalam perjalanan ada panggilan masuk, karena dalam headphone komputer biasanya terdapat 5 kabel didalamnya, 3 kabel Stereo hanphone speaker dan 2 buah lagi kabel mic.


4. Setelah semuanya terpasang, Saatnya melakukan uji coba, apakah hanphone add on helm ini bekerja atau tidak, colokin ke Hanphone, trerengg musik berbunyi di helm kamu. lalu coba melakukan panggilan, apakah mic yang terpasang bekerja?.

dengan ini saya tidak kesepian lagi saat di perjalanan dan juga dapat mengangkat telefon tanpa harus kehilangan konsentrasi, karena susahnya mengeluarkan hanphone dari saku saya dan membuka helm racing yang saya gunakan.
nah kalo kehabisan batrai cas aja disini

Semoga Bermanfaat.

SUMBER : http://www.singkutseven.blogspot.com/

Filed under: INFORMATIKA, TEKNOLOGI, TIPs & TRIK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: