Culture beyond the Classroom

12% Belanja Data Center ‘Dimakan’ Energi


Kebutuhan energi dalam pengembangan data center kian meningkat. Data Gartner menunjukkan, sekira 12 persen alokasi belanja data center diperuntukan untuk kebutuhan energi. Kebutuhan listrik untuk sistem pendinginan di ruangan data center memang menjadi bagian penting untuk keberlanjutan perangkat server yang ditempatkan di data center.

Belanja Energi naik lebih cepat dibandingkan kategori lain dari beban data center. Peningkatan itu tak terlepas dari meningkatnya jumlah server. Demikian dilansir Information week, Senin (11/10/2010).

Gartner mengatakan bahwa biaya yang berhubungan dengan energi (termasuk pendingin) pada data center kemungkinan akan memperburuk keadaan. Perusahaan harus mencari solusi untuk menyiasati hal tersebut termasuk melakukan virtualisasi.

Belum lagi, pengapalan server diperkirakan akan tumbuh sebesar lima persen setiap tahun. Otomatis, Divisi IT akan terus membeli hardware. Peningkatan jumlah hardware seperti Server yang menghasilkan panas tentunya harus dilawan dengan penyejuk udara. Ini akan meningkatkan biaya energi.

Gartner, sendiri membuat konsep efisiensi pemanfaatan daya power utilization efficiency (PUE) yang menganjurkan perusahaan agar dapat menggunakan energi seefisien mungkin untuk bangunan data center.

Sebelumnya Gartner mengungkapkan tentang server, yaitu 90 persen dari server adalah mesin x86 low-end, kebanyakan ditempatkan pada dasar satu mesin per aplikasi, dan akibatnya, tingkat utilisasi mereka hanya sekitar 10 hingga 20 persen. Akibatnya, virtualisasi memegang peranan penting, dan seperempat dari beban kerja server harus berjalan pada mesin virtual.

Filed under: INFORMATIKA, INTERNET, KOMPUTER, NETWORK, PROGRAM, TEKNOLOGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: