Culture beyond the Classroom

Membuat Buku Tamu “Tersembunyi”


kalau kamu ga tau lagi mau taruh buku tamu kamu di mana, buat aja buku tamu kamu “tersembunyi”, dan kalau diklik akan langsung terlihat.
Contohnya kamu bisa lihat di bagian sebelah kanan layar kamu, dan klik tab yang berwarna hijau tersebut. Dan buku tamu itu akan bergerak keluar, sehingga yang tadinya tidak kelihatan akan jadi terlihat.

sebelum di klik :

 

Setelah di klik :

 

Atau anda bisa lihat langsung hasilnya di : Sialang News


Caranya:

  1. Masuk ke account Blogger kamu, pilih “Layout” kemudian “Page Elements”,
  2. Klik “Add a Gadget” (yang mana aja oke), kemudian pilih “HTML/JavaScript”,
  3. Copy-paste kode di bawah ini:

<style type=”text/css”>
#gb{
position:fixed;
top:100px;
z-index:+1000;
}
* html #gb{position:relative;}

.gbtab{
height:100px;
width:30px;
float:left;
cursor:pointer;
background:url(‘https://rob13y.files.wordpress.com/2010/10/tab-q.gif&#8217;) no-repeat;
}
.gbcontent{
float:left;
border:2px solid #4e7bf7;
background:#F5F5F5;
padding:10px;
}
</style>

<script type=”text/javascript”>
function showHideGB(){
var gb = document.getElementById(“gb”);
var w = gb.offsetWidth;
gb.opened ? moveGB(0, 30-w) : moveGB(20-w, 0);
gb.opened = !gb.opened;
}
function moveGB(x0, xf){
var gb = document.getElementById(“gb”);
var dx = Math.abs(x0-xf) > 10 ? 5 : 1;
var dir = xf>x0 ? 1 : -1;
var x = x0 + dx * dir;
gb.style.right = x.toString() + “px”;
if(x0!=xf){setTimeout(“moveGB(“+x+”, “+xf+”)”, 10);}
}
</script>

<div id=”gb”>

<div onclick=”showHideGB()”>   </div>
<div>

<!– Ganti dengan kode buku tamu anda –>

<br />
Mau punya buku tamu seperti ini?<br />
Klik di
<a href=”https://rob13y.wordpress.com/2010/10/07/membuat-buku-tamu-tersembunyi/”&gt;
sini (rob13y)
</a>

<div style=”text-align:right”>
<a href=”javascript:showHideGB()”>
[tutup]
</a>
</div>
</div>
</div>
<script type=”text/javascript”>
var gb = document.getElementById(“gb”);
gb.style.right = (30-gb.offsetWidth).toString() + “px”;
</script>

4.  Pada kode di atas, cari kode <!-- Ganti ini dengan kode buku tamu kamu --> dan ganti kode tersebut dengan kode buku tamu yang kamu dapatkan dari situsnya,

5.  Kamu juga bisa atur posisinya. Ubah aja nilai atribut top-nya. Kalau mau lebih ke atas dikit, ubah jadi 30px atau 20px, terserah kamu.

6.  Selamat mencoba!

Catatan: di kode di atas aku pasang backlink ke post ini, kalau kamu mau berbaik hati, tolong backlink-nya jangan dihapus,  okehh,.. ^^

Filed under: TIPs & TRIK

2 Responses

  1. rita says:

    Contohnya ada di sebelah kanan yg mana yah mas…??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: