Culture beyond the Classroom

Google Maps Permudah Pencarian Lokasi di Indonesia


Google hari ini meluncurkan Google Maps Indonesia, sebuah platform pencarian lokal yang membantu pengguna di Indonesia menemukan informasi geografis lokal-seperti peta online, citra satelit panduan arah berkendara, alamat dan daftar perusahaan–pada PC dan ponsel mereka.

Platform geografis kolaboratif ini juga memungkinkan para pengguna, perusahaan dan pengembang untuk menciptakan peta mereka sendiri untuk berbagi informasi tentang tempat-tempat di Indonesia seperti yang dirasakan oleh warga lokal. Google Maps Indonesia dapat diakses di http://maps.google.co.id.

Google Maps versi Indonesia memberi sumber informasi lokal yang lengkap dan mudah digunakan yang meliputi jalan, alamat dan ratusan ribu perusahaan di seluruh Indonesia. Google Maps juga dapat menampilkan konten yang diciptakan oleh pengguna dalam bahasa Indonesia dan banyak bahasa lain, sehingga baik warga lokal maupun pendatang dapat menyumbang konten teks, foto dan video, agar semakin meningkatkan kualitas peta online yang paling lengkap dan paling ramah untuk pengguna di Indonesia.

“Google memfokuskan pada pengorganisasian informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan berguna. Peluncuran Google Maps Indonesia hari ini merupakan sebuah langkah maju yang menarik dalam membantu pengguna Indonesia untuk secara cepat dan mudah menemukan informasi lokal yang mereka butuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, tempat kerja maupun pada saat bepergian,” kata Andrew McGlinchey, Product-Manager, Google Southeast Asia, pada acara peluncurannya di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (6/10/2010).

Untuk menghadirkan layanan ini Google menggaet sejumlah mitra siantaranya Telkomsel untuk menggunakan Google Maps API, layanan berbasis-lokasi Telkomsel LACAK yang dapat menampilkan 200.000 titik yang banyak dimintati di seluruh Tanah Air, yang disortir berdasarkan 19 kategori lokasi pengguna saat ini dan terintegrasi dengan Google Maps untuk mendukung akses mudah untuk mendapatkan arah dan melakukan pencarian alamat. Layanan tersebut saat ini tersedia untuk platform Android dan J2ME, dengan dukungan untuk handset iPhone dan Blackberry yang akan hadir segera.

“Telkomsel senang sekali dapat bekerjasama dengan Google dalam beragam layanan berbasis lokasi dengan kekuatan Google Maps yang dapat diakses oleh 93 juta pelanggan ponsel dalam beragam perangkat mulai dari ponsel dengan fitur sederhana hingga smartphone,” kata Ririn Widaryani, Deputy Vice President Product Lifecycle Management Telkomsel.

Pencarian geografis lokal, informasi dan tool yang ditemukan di Google Maps Indonesia dan di situs web pihak ketiga yang menggunakan Google Maps API gratis terintegrasi secara sempurna dalam kehidupan sehari-hari pengguna.

“Google Maps memungkinkan pengguna, perusahaaan dan pengembang lokal untuk memberi sumbangan informasi mengenai Indonesia, sehingga menjadikannya peta online yang paling kaya konten dan paling relevan di Tanah Air,” kata Derek Callow, Head of Marketing, Google Southeast Asia.

Beberapa fitur kunci yang dapat dinikmati oleh pengguna Google Maps Indonesia antara lain:
1. Location Search, cukup mengetik alamat atau nama bangunan, akan dengan cepat membawa pengguna Indonesia ke arah yang diinginkan yang ditampilkan di peta atau citra satelit.
2. Driving Directions, pengguna dapat menemukan arah antara dua atau lebih lokasi dan bahkan melakukan ‘click and drag’ untuk mengubahnya,
3. Local Business Search, pengguna Indonesia dapat menemukan perusahaan-perusahaan lokal hanya dengan mengetikan nama perusahaan atau kategori.
4. My Maps, fitur yang memungkinkan pengguna secara cepat dan mudah menciptakan peta yang kaya konten berdasarkan minat, keahlian dan kebutuhan pribadi-dari peta tentang tempat-tempat favorit hingga peta mengenai tempat-tempat yang telah dikunjungi.
5. Google Places, dengan fitur ini, perusahaan-perusahaan di Indonesia, berhak mendaftarkan perusahaan mereka di Google Maps.
6. Maps API, Fitur ini adalah toolkit gratis yang memungkinkan pengguna membenamkan Google Maps yang sepenuhnya interaktif dalam website mereka.

Filed under: google, INFORMATIKA, INTERNET, SPECIAL NEWS, TEKNOLOGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: