Culture beyond the Classroom

Album Digital Lebih Laris Ketimbang Album Fisik


Lebih dari 50 juta album digital terjual di Inggris, dengan peresentase sekitar 20 persen dari seluruh penjualan album di Inggris.

Ini semua hanya memakan waktu empat setengah tahun untuk penjualan album digital untuk mencapai angka 50 juta, sementara butuh waktu lima tahun lebih dari penjualan album CD untuk
mencapai angka yang sama. Demikian seperti yang dikutip dari Telegraph, Sabtu (2/10/2010).

Data yang dirilis oleh industri rekaman, British Phonographic Industry (BPI) dan Official Charts Company, juga menunjukkan bahwa sudah 500 juta singel digital telah terjual minggu lalu di Inggris.

“Album digital telah terbukti adalah salah satu bentuk album yang sukses. Meskipun digital-download telah menggedor pasar penjualan singel, banyak fans musik yang tetap ingin mendengarkan album penuh dari artis-artis favorit mereka. Inggris kini memiliki 70 tempat penjualan album digital yang legal, lebih banyak dari negara manapun. Para penggemar musik telah meresponnya
dengan membeli album-album digital secara resmi,” ujar Geoff Taylor, chief-executive dari British Phonographic Industry.

“Penjualan album digital yang lebih cepat dari pada penjualan album fisik membuat saya sadar bahwa kini masyarakat mulai sadar akan pasar penjualan album digital,” tambah Taylor.
Pada tahun 2006, penjualan album digital di Inggris dihitung masih kurang dari 2 persen. Pada tahun 2010, penjualan album digital meningkat menjadi 19,6 persen dari semua album yang terjual dengan angka pengunduhan resmi yang diperkirakan bakal sampai ke angka 20 juta di akhir tahun ini. Lima album digital telah terjual lebih dari 100.000 pengunduhan tahun ini, yang mana posisi pertama dipegang oleh album ‘Sigh No More’ dari band Mumford & Sons, dengan angka 131.737 pengunduhan.

Album ‘Only Bt The Night’ dari King Of Leon yang dirilis tahun 2008 adalah album digital paling laris sepanjang masa dengan angka 276.000 pengunduhan resmi, yang diikuti oleh album ‘The Fame’ (2009) dari Lady Gaga, yang penjualan album digitalnya mencapai angka 261.000.

“Sementara konsumen masih suka membeli CD, pertumbuhan dari peminat album digital, tempat penjualan album digital, serta harga yang kompetitif membuat penjualan album digital sekarang menjadi populer.” ujar Martin Talbot, managing-director dari Official Charts Company.

Filed under: HARDWARE, INFORMATIKA, SOFTWARE, SPECIAL NEWS, TEKNOLOGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: