Culture beyond the Classroom

Hindari Pacar Ngambek dengan Aplikasi ‘EmotionSense’


Seringkali percakapan melalui ponsel memicu masalah dalam hubungan percintaan. Misalkan saat seorang pria sedang bad mood tiba-tiba kekasihnya menelepon dan mengajaknya untuk ngobrol.

Akibatnya, lawan bicara tentunya menjadi malas untuk berbicara melalui telepon. Ujung-ujungnya, kekasihnya merasa tak diperhatikan dan ngambek. Hal itu mungkin kerap terjadi karena masing-masing tak mengetahui kondisi hati kekasihnya.

Tapi kini sejumlah pengembang aplikasi di University of Cambridge’s Computer Laboratory telah mengembangkan aplikasi ponsel untuk mengetahui kondisi lawan bicara. Aplikasi ‘EmotionSense’ ini memungkinkan seseorang mengetahui apakah lawan bicaranya sedang dalam keadaan sedih, marah, atau bahagia.

‘EmotionSense’ menggunakan teknologi yang akan mengukur seberapa bahagia Anda. Teknologi ini mengukur dengan menggunakan pengenalan suara dan juga lokasi si penelepon. Nantinya akan ketahuan kondisi si penelepon.

Akademisi percaya bahwa sistem pengenalan pembicaraan ‘EmotionSense’ akan mengubah cara belajar psikolog emosi, suasana hati dan perilaku sosial. Demikian dilansir Dailymail, Jumat (1/10/2010).

Dan mereka berharap agar teknologi ini dibenamkan ke dalam ponsel standar sehingga penelitian yang luas dapat dilakukan dan dikembangkan.

Menurut Dr Cecilia Mascolo dari the University of Cambridge’s Computer Laboratory, kombinasi suara dan lokasi bisa menunjukkan mood seseorang.

“Setiap orang memiliki telepon selular, sehingga sangat berpotensi  jika Anda ingin melacak perilaku atau kondisi emosional banyak orang,” kata Mascolo.

Filed under: CINTA, INFORMATIKA, NETWORK, PROGRAM, SOFTWARE, SPECIAL NEWS, TEKNOLOGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: