Culture beyond the Classroom

Taksi Listrik Mulai Jadi Kenyataan


Ada 6.000 taksi warawiri di sekitaran Tokyo. Keberadaan taksi disinyalir menyumbang tingkat emisi hingga 20 persen. Untuk itulah taksi listrik di Tokyo dinilai sangat penting untuk menekan pencemaran udara.

Alasan ini yang mendasari perusahaan taksi Nihon Katsu bekerja sama dengan perusahaan asal California, Better Place dan pemerintah Jepang yang menguji coba kendaraan umum berbahan bakar listrik itu.

Menggunakan mobil Nissan Qasqhai, pengujicobaan taksi listrik itu sudah dimulai awal tahun ini. Sekarang, masa uji coba memasuki tahapan kedua, yakni mengevaluasi sejauh mana performa baterai, sikap pengemudi, serta tolak ukur lainnya.

Jika semuanya berjalan lancar, Better Place berharap bisa meyakinkan ATPM untuk membuat produksi masal taksi bertenaga baterai di Tokyo.

Sebenarnya Nissan tidak terlibat langsung. Karena perusahaan outsource yang memodifikasi mobil tersebut dengan baterai. Tempat penggantian baterai Nissan Qashqai yang harus diganti setiap 100 kilometer.

”Taksi dapat menyentuh konsumen secara langsung,” ujar President Better Place Jepang Kiyotaka Fujii. ”Begitu mereka merasa nyaman, saya rasa akan cepat bagaimana konsumen tertarik untuk menggunakan mobil listrik,” ujar dia menambahkan.

Dan memang, sejauh ini reaksi dari konsumen sangat positif. Dari 700 responden yang disurvei dalam kurun waktu tiga bulan, 97 persen mengaku memberikan kesan positif.

Sekitar 70 persen pengguna mengaku ingin menggunakan mobil listrik. Sementara 80 persen diantaranya ingin agar semua taksi di Tokyo menjadi mobil listrik. ”Mobil ini sangat nyaman dikendalikan. Sangat smooth. Bahkan lebih smooth dari Prius yang biasa saya bawa,” katanya seorang pengemudi taksi, Yoshihiko.

Filed under: SPECIAL NEWS, TEKNOLOGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: