Culture beyond the Classroom

Smartphone Menanti Dual-Core


PENGGUNA smartphone dipastikan akan terus tersenyum lebar. Keinginan mereka untuk memiliki smartphone dengan kemampuan yang semakin prima dipastikan segera terwujud berkat kehadiran prosesor Dual-Core. Chip ini dipastikan akan jadi lompatan besar bagi dunia smartphone. Sebab, prosesor tersebut dengan ajaib mampu meningkatkan performa aplikasi dan fitur multimedia yang ada di smartphone dari biasa menjadi luar biasa.

Diketahui saat ini pengguna smartphone memang sudah menganggap biasa fitur-fitur yang ada di smartphone, seperti video definisi tinggi dengan jumlah piksel 720. Mereka justru menginginkan fitur baru yakni video definisi tinggi dengan jumlah piksel mencapai 1.080. Tuntutan tersebut muncul seiring tingginya permintaan aplikasi video conference yang lebih jelas dan jernih. Nah, keinginan ini mungkin terjadi jika smartphone tersebut dibekali dengan prosesor Dual- Core. Sekadar info saja, prosesor yang dibenamkan di tubuh smartphone yang ada saat ini memang baru hanya mencapai 1 Ghz. Melihat tingginya tuntutan tersebut, beberapa produsen prosesor di seluruh dunia langsung bergerak cepat.

Qualcomm Inc contohnya baru-baru ini sudah siap mengirimkan prosesor Dual-Core terbaru milik mereka, MSM8660 untuk diuji coba. Mereka bahkan telah menciptakan Dual-Core dengan kemampuan lebih tinggi lagi yakni QSD8672 akhir tahun ini. Sementara Texas Instrument Inc mengaku telah menyiapkan prosesor Dual-Core dengan nomor seri OMAP4430.Prosesor ini direncanakan sudah dapat diaplikasikan ke dalam smartphone di pengujung tahun.

Qualcomm mengatakan prosesor yang mereka miliki mampu membuka jumlah web lebih banyak dan lebih cepat dari prosesor yang ada di smartphone saat ini. Selain itu, pemutaran video jauh lebih cepat dan memiliki jumlah piksel mencapai 1.080. Respons yang sama juga terjadi pada produsen smartphone. Mereka bahkan berlomba-lomba untuk segera memasarkan smartphone dengan prosesor Dual-Core. Perlombaan tersebut terlihat jelas dilakukan oleh Samsung dan LG.Dua perusahaan dari Korea Selatan ini berusaha menjadi yang pertama di dunia dalam memasarkan smartphoneDual- Core.

Samsung sendiri tengah menyiapkan smartphone bernama Orion. Seperti disebutkan di atas, fungsi yang dimiliki smartphoneini di antaranya memiliki kemampuan video definisi tinggi 1080 piksel dan yang paling canggih adalah kemampuan untuk menampilkan tiga layar sekaligus.Yang menarik lagi, Samsung Orion dilengkapi dengan Android 2.2 (Froyo) yang memungkinkan smartphone ini memutar flashvideo.

“Samsung Orion berhasil memiliki fitur-fitur ini karena adanya prosesor dengan kemampuan tinggi sehingga dapat menampilkan performa grafis 3D lebih hebat dari prosesor sebelumnya,” tulis keterangan pers dari Samsung.

Samsung sendiri berencana untuk memberikan Samsung Orion kepada pelanggan pilihan akhir tahun ini. Setelah itu mereka akan menjualnya kepada masyarakat semester pertama tahun depan.Di saat Samsung tengah bersiap-siap hendak meluncurkan smartphone Dual-Core mereka, LG justru langsung menyalip. Tiba-tiba LG mengumumkan penggemar smartphone Dual-Core tidak perlu menunggu hingga tahun depan jika ingin memiliki smartphone tersebut. Sebab, dalam waktu dekat LG akan mengeluarkan smartphone yang diberi nama Optimus. Spesifikasi yang dimiliki Optimus pun tak kalah menyeramkan. Di tubuh smartphone ini dibenamkan prosesor Dual-Core milik NVIDIA Tegra. Berkat prosesor ini kekuatan grafis jadi meningkat tajam.Lebih jelasnya menurut LG, di smartphone ini kemampuan browsinginternet menjadi lebih cepat dua kali lipat dan kecepatan bermain game meningkat menjadi lima kali lebih cepat. Prosesor Tegra milik NVIDIA sendiri bukan sembarang prosesor.

Tegra yang diluncurkan pada Januari awal tahun ini sebenarnya dibuat untuk keperluan PC tablet.Jadi bayangkan saja,jika prosesor untuk sebuah PC tablet justru dipadukan dengan sebuah smartphone.

“LewatOptimus, LG hendak menunjukkan bahwa beginilah seharusnya sebuah smartphone,” ujar juru bicara perwakilan LG,Chang Ma. Jadi, bagi penggemar dan pemilik smartphone, percayalah masa depan telepon pintar Anda sangat menjanjikan.

Filed under: New Gadget, TEKNOLOGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: