Culture beyond the Classroom

Hacker Twitter Berasal dari Jepang


Kekacauan di Twitter minggu ini nampaknya dilakukan oleh seorang hacker komputer asal Jepang, yang berkilah bahwa ia hanya mencoba untuk membantu.

Serangan yang menyebabkan Twitter down untuk beberapa jam tersebut melibatkan sebuah kesalahan ‘cross-site scripting’ yang membolehkan pengguna untuk menjalankan program JavaScript dari komputer lain. Demikian seperti dikutip dari Associated Press, Jumat (24/9/2010).

Pelaku dari kekacauan dipercaya adalah seseorang yang menggunakan nama “Masato Kinugawa” di dunia cyber dan memakai nama “RainbowTwtr” di akun Twitter-nya.

“Twitter belum membetulkan masalah ini sudah lama semenjak saya mengetahui kelemahan mereka. Twitter membiarkan masalah keamanannya terlalu terbuka. Daripada seseorang menggunakannya untuk kejahatan maka saya memutuskan untuk mengekspos masalah keamanan ini melalui aksi saya,” ujar Kinugawa.

Melalui akun Twitter dan blog pribadinya, Kinugawa secara reguler terus melacak dan memberitahu kelemahan-kelemahan sistem keamanan dari perusahaan-perusahaan startup. Awal tahun ini dia menunjuk pada beberapa masalah keamanan scripting perusahaan internet Jepang Livedoor, yang mana memberinya hadiah bernilai 15 ribu Yen sebagai ucapan terima kasih.

Akun Twitter dari Kinugawa yang pesannya berwarna-warni tersebut, juga dicoba oleh remaja asal Australia, Pearce Delphin untuk membuat Tweet-nya ikut berwarna juga.

Delphin mengatakan bahwa ia menganalisa kode dari RainbowTwtr dan sadar bahwa itu bisa digunakan untuk membuat pop-up window apabila kursor digerakkan ke arah pesan. Pengguna lainnya dengan cepat mengikuti temuan Delphin dan membuat versi mereka sendiri, yang akhirnya membuat kacau jaringan Twitter di seluruh dunia.

Pihak Twitter mengatakan kalau mereka sudah menemukan masalah tersebut dan sudah membetulkannya.

Filed under: HACKING, INTERNET, KOMPUTER, NETWORK

2 Responses

  1. kimsanada says:

    Mantap gaaaan.. Tapi saya gak ngerasain kekacauan itu..😀

  2. […] Selengkapnya: Hacker Twitter Berasal dari Jepang « Culture beyond the Classroom […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: