Culture beyond the Classroom

Kepuasan Terhadap Kinerja SBY Menurun


Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan evaluasi terhadap satu tahun pertama kinerja pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono. Hasilnya, kepuasan publik mulai menurun.

Dalam satu tahun terakhir, sejak Juli 2009 sampai Agustus 2010 masyarakat yang puas dengan kinerja SBY terus menurun. Juli 2009 mencatat rekor tertinggi kepuasan masyarakat atas kinerja presiden yakni sebesar 85 persen dan sejak itu menurun pada November 2009 menjadi 75 persen, menurun lagi pada Januari 2010 menjadi 70 persen dan pada Maret melorot menjadi 65 persen.

Sementara evaluasi tingkat kepuasan terhadap kinerja wakil presiden. pada November 2009 tingkat kepuasan masyarakat sebesar 45 persen meningkat menjadi 51 persen pada Januari 2010 dan baik lagi pada Agustus 2010 menjadi 53 persen.

Direktur Eksekutif LSI Kuskrido Ambadi mengatakan, evaluasi ini menitikberatkan pada dua hal. “Bagaimana penilaian publik terhadap kinerja presiden dan wakilnya dan bagaimana evaluasi mereka atas upaya penanganan dua isu mutakhir yaitu gas dan TDL,” katanya di kantor LSI Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (2/9/2010).

Dari hasil survei terhadap 1.829 responden pada agustus 2010 ditemukan bahwa 28 persen masyarakat mengatakan kondisi politik lebih baik dari sebelumnya yakni sebesar 26 persen. Demikian pula yang menilai kondisi politik buruk juga mengalami penurunan dari 34 persen menjadi 23 persen.

Masyarakat yang menilai kondisi keamanan dan ketertiban lebih baik dari sebelumnya jumlahnya menurun dari 59 persen menjadi 55 persen. Pada saat yang sama, mereka yang menilai bahwa kondisi keamanan dan ketertiban lebih buruk juga menurun.

Temuan lain menunjukkan bahwa masyarakat yang menilai kondisi penegakan hukum lebih baik jumlahnya menurun, dari 43 persen ke 35 persen namun masyarakat yang menilai kondisi penegakan hukum lebih buruk jumlahnya menurun dari 32 persen ke 29 persen.

Sementara untuk kondisi ekonomi, masyarakat yang menilai bahwa kondisi ekonomi lebih baik dari sebelumnya jumlahnya menurun cukup besar, dari 39 persen ke 29 persen. Dan yang menilai kondisi ekonomi sekarang lebih buruk jumlahnya meningkat sebesar 11 persen.

Kepuasan atas upaya pemerintah menangani ledakan tabung gas, 17,4 persen puas, 59,8 persen kurang puas dan 17,1 tidak puas.

Sikap masyarakat terhadap kenaikan tarif dasar listrik (TDL) 16,2 persen tidak keberatan asalkan pelayanan memuaskan, 14,3 tidak keberatan jika diterapkan pada masyarakat yang mampu. 65,7 persen keberatan dengan alasan apapun.

Filed under: SPECIAL NEWS

2 Responses

  1. maria says:

    Aq juga merasa kurang puas karena selama ini sosok SBY diidamkan rakyat agar bisa memperbaiki kehidupa rakyat kecil tapi hal itu belum terlaksana sepenuhnya. Jadi agak kecewa deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: