Culture beyond the Classroom

Hacker Peringatkan Admin Situs Provinsi Banten


Pemerintah Banten mendapatkan peringatan jaringan keamanan dari white hacker. Situs resmi provinsi yang dipimpin oleh Ratu Atut Chosiyah ini rentan dengan lubang berbahaya.

Situs pemerintah provinsi Banten yang beralamat di http://www.bantenprov.go.id diklaim memiliki celah keamanan yang cukup rentan. Tanpa bermaksud mengacak dan merusak situs tersebut, white hacker tersebut memberikan warning dengan meninggalkan notifikasi pada tampilan depan situs.

“Maaf Ibu Gubernur… Websites PEMPROV BANTEN ini harus segera diperbaiki celah keamanannya. ~Warning By Jamesbond 007~” tulis white hacker tersebut.

Tindakan ini diklaim oleh white hacker tersebut sebagai sebuah ‘audit keamanan’ dan bukan tindakan hacking. Pasalnya, tidak ada kerusakan sedikit pun yang dilakukan oleh hacker tersebut.

Selain ingin memperingatkan admin situs provinsi Banten, sang hacker juga sepertinya ingin memberikan penjelasan jika seorang hacker tidak selamanya memiliki niat untuk merusak. Malah mereka cenderung membantu memperingatkan admin situs mengenai celah keamanan yang berpotensi dirusak oleh cracker.

Saat disambangi okezone, Kamis (5/8/2010), situs tersebut memang masih bisa diakses dan tampilan situsnya masih berjalan seperti biasa. Hanya saja pesan peringatan dari hacker terpampang cukup jelas di beberapa sudut situs.

Rupanya ini merupakan peringatan kedua yang dilakukan oleh white hacker tersebut terhadap situs ini. Sebelumnya, hacker yang sama pernah memberikan peringatan kepada admin provinsi Banten pada Desember 2009. Sayangnya, hingga kini admin tersebut belum memperbaiki keamanan situsnya sehingga sang hacker merasa perlu untuk memberikan peringatan untuk kedua kalinya.

“Jangan cuma ganti password dan database MYSQL doang. Ganti systemnya yang lebih Secure yach… Segera perbaiki celah keamanan tersebut sebelum kerusakan fatal yang bisa dilakukan oleh CRACKER/BLACK HACKER lain,” pesan white hacker untuk admin situs provinsi Banten.

Filed under: HACKING, SPECIAL NEWS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: