Culture beyond the Classroom

Istana: Tafsir SBY Minta Dukungan TNI Menggelikan


Rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar pidato menyikapi konflik Indonesia-Malaysia di Mabes TNI Cilangkap pada malam nanti memunculkan beragam tafsir.

Salah satunya adalah sebagai isyarat bahwa Presiden meminta dukungan militer. Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparingga menjelaskan jadwal buka puasa Presiden di Mabes TNI Cilangkap sudah disusun sejak jauh hari.

Sehingga mengatakan Presiden tengah meminta dukungan politik agak menggelikan. “Karena TNI itu bukan kekuatan politik. Ia berada langsung dibawah kendali negara, bukan pemerintah,” ungkapnya kepada okezone di Jakarta, Rabu (1/9/2010).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pengamat komunikasi politik Tjipta Lesmana secara gamblang mengungkapkan bahwa rencana Presiden pidato menyikapi konflik Indonesia-Malaysia di Mabes TNI dapat dimaknai sebagai bentuk meminta dukungan terhadap kekuatan militer.

Daniel mengatakan bahwa tafsir seperti di atas sah-sah saja dilontarkan. Menurut dia, dunia penafsiran bisa sangat tak terbatas seperti halnya jagad raya. “Setiap orang bisa menafsirkan apa saja, di mana pun (pidato) digelar, pasti ada penafsiran ini dan itu,” ungkapnya.

Di penghujung kalimatnya, akademisi Universitas Airlangga Surabaya itu menegaskan bahwa momentum Presiden berbicara ke publik terkait hubungan Indonesia dengan Malaysia sudah tepat.

“Jauh lebih penting menangkap pesan itu sebagai isyarat politik. Soal tempat itu tidak terlalu penting,” tandasnya.

Filed under: SPECIAL NEWS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: