Culture beyond the Classroom

Survei: Facebook Tumbuhkan Narsisme


Sebuah survei kecil yang dilakukan seorang psikolog muda menunjukkan bahwa ada korelasi antara Facebook dengan narsisme pada remaja.

Survei yang dilakukan dengan melibatkan 100 mahasiwa menunjukkan bahwa anak muda dengan kepribadian narsistik di Facebook cenderung lebih mempromosikan kemenarikan fisik dirinya, dibandingkan berbagi kenangan dengan teman. Padahal hal itu seharusnya yang merupakan tujuan utama dari Facebook. Demikian seperti dikutip dari Mashable, Sabtu (28/8/2010).

“Untuk beberapa orang yang narsis, Facebook menawarkan sebuah gerbang untuk ratusan hubungan emosional. Yang paling penting dari penelitian ini, situs jejaring sosial membolehkan para penggunanya untuk mengendalikan bagaimana mereka bisa berpura-pura agar bisa diterima oleh pengguna lainnya,” kata Soraya Mehdizadeh, seorang psikolog muda dari Department of Psychology, York University, Toronto, Canada.
Menurut Mehdizadeh, kenarsistikan seseorang bisa dilihat dari seberapa seringnya mereka memakai Facebook dan meng-update status mereka. Hasil dari survei tersebut menunjukkan, korelasi antara narsismedengan Facebook bisa dilihat di menu-menu macam seperti Main Photo, View Photos, Status Updates dan Notes. Orang-orang dengan nilai tinggi di survei ini, yang lebih sering menghabiskan waktu di Facebook, terbukti memiliki sifat yang narsistik. Kaum narsistik pria lebih ke promosi diri mereka di menu “About Me”.

“Sementara kaum narsistik wanita memiliki kecenderungan untuk menggunakan foto-foto untuk mempromosikan diri mereka.” tandas Mehdizadeh.

Filed under: SOCIAL NETWORK

One Response

  1. […] Selengkapnya: Survei: Facebook Tumbuhkan Narsisme « Culture beyond the Classroom […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: