Culture beyond the Classroom

Menembus Blokade Torrent


Sebenarnya saya ragu waktu bikin tulisan ini, karena informasi yg ada dalam tulisan ini berhubungan dengan salah satu hal yg paling ‘diharamkan’ oleh banyak admin jaringan/ISP di seluruh dunia. Tapi di sisi lain, blog ini sejak awal memang dirancang nggak cuman buat postingan pribadi, tp juga untuk knowledge-sharing kalo ada pembaca yg kebetulan singgah di sini.

Yg perlu diperhatikan adalah, informasi yg ada tulisan ini bukan sesuatu yg mutlak. Bisa saja saya membuat kesalahan atau misalnya admin jaringan anda juga ikutan baca tulisan ini, ujung-ujungnya trik yg saya paparkan gagal bekerja karena sudah keburu diblok sama admin emoticon.

Anyway, please keep in mind. Tulisan ini dibuat hanya sekedar untuk berbagi pengetahuan saja. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan/kerugian pada jaringan internet/ISP anda yg diakibatkan karena penyalahgunaan informasi yg ada dalam tulisan ini. Okay ?

———————-

Buat torrent mania, udah tau khan apa yg paling bikin BT kalo lg pingin download file lewat torrent, terutama di jaringan/LAN perkantoran atau kampus ? Yah itu dia, filenya nggak bisa didownload karena diblok sama admin. Biasanya port yg dipakai torrent client ini yg diblok, apalagi kalo LAN-nya pake proxy server.

Ternyata, masih ada beberapa cara alternatif yg memungkinkan para torrent downloader/uploader untuk saling berbagi file tanpa takut terkena blokade si proxy server. Saya akan coba bahas satu demi satu, mulai dari yg paling gampang sampe yg lumayan ribet.

1. Torrent2Exe

Ehm …. kali ini gw benar2 ketinggalan zaman yah ? Program bagus kayak gini kok bisa nggak ketahuan nongol di internet ya ? (thanks to Yudha for the info). Program ini sudah dicoba pada jaringan kantor saya dan memang berhasil untuk mendownload file torrent.

OK, langsung aja. Torrent2Exe adalah program kecil yg memberi beberapa kemudahan untuk para downloader torrent, antara lain :

  1. Pengguna tidak perlu menggunakan torrent client (misal utorrent, azureus/vuze atau bitlord) untuk mendownload/upload file torrent. Torrent2Exe adalah file program (exe), yg di-generate berdasarkan file atau link torrent yg didownload pengguna. File/Link inilah yg dikonversi menjadi sebuah file exe kecil yg bisa dijalankan secara mandiri oleh pengguna. Begitu file dijalankan, maka file yg diinginkan akan didownload. Umumnya 1 file torrent akan dijadikan 1 file exe.
  2. Ini yg paling penting, download pengguna (entah bagaimana caranya) tidak diblok oleh proxy. Kemungkinan karena port yg digunakan torrent2exe berbeda dengan torrent client pada umumnya.

Wah enak ya, bisa download torrent tanpa diblok. Tapi jangan senang dulu, ada beberapa batasan dalam menggunakan torrent2exe, yaitu :

  1. Program ini tidak menyertakan fasilitas untuk mengubah kecepatan download/upload, menambah trackers atau menambah jumlah peers. Kalo anda pernah baca tulisan saya tentang cara mempercepat download torrent, yg mungkin bisa dilakukan untuk mempercepat download hanyalah mencari file torrent yg jumlah seeder-nya paling banyak dan cara TERLARANG (No.5) emoticon. Sisanya bergantung pada kecepatan koneksi internet pengguna.
  2. Buat para downloader (terutama LEECHER nih), nggak bisa seenaknya menutup program tanpa melakukan proses seed (upload), setelah file yg diinginkan selesai didownload. Aturannya, begitu file selesai didownload, anda harus mengupload file tersebut beberapa saat sebagai seeder. Kalo nggak, anda nggak akan bisa lagi mendownload torrent2exe untuk mengunduh file torrent. Fair kan ?

OK. Udah cukup bla-blanya. Sekarang gimana cara pakenya ?

  1. Cari file torrent yg anda inginkan, misal lewat mininova.org dll. Lalu, copy link dari file torrent tersebut atau download file torrentnya (simpan di harddisk).
  2. Buka http://www.torrent2exe.com/ . Lalu paste link dari file torrent tadi atau browse file torrent yg telah anda download sebelumnya.
  3. Pilih opsi ukuran file exe (dr torrent) yg ingin didownload. Small artinya file exe lebih kecil, tp ada beberapa bagiannya yg akan didownload terlebih dahulu. Normal artinya file exe original, lebih besar tapi nggak perlu ada download tambahan lagi. Nggak usah bingung sama opsi ini, yg mana aja ok (saya biasa pilih yg Normal).
  4. Pilih Start Download. Tunggulah sesaat dan akan muncul jendela untuk mengunduh file exe dari torrent tadi. Simpanlah file tersebut di harddisk.
  5. Bukalah file exe tadi. File tersebut akan langsung mendownload file yg anda inginkan pada direktori tempat anda menyimpan file exe tadi. Begitu saja. Mudah kan ?

Tapi ingat !! Setelah download selesai, jangan langsung tutup programnya. Anda harus menjadi seeder (uploader) selama beberapa jam, agar pengguna lain juga bisa mendownload file yg sama dari komputer anda. Nanti ada pilihan untuk sharingnya, apakah anda ingin mengupload sebagian file atau berdasarkan waktu upload. Saya biasa memilih untuk mengupload file yg sudah selesai didownload berdasarkan waktu, misalnya upload selama 3 jam (tergantung besar kecilnya file yg didownload). Setelah itu pilihlah “Open Download and Close This Window” untuk memulai proses upload.

Sekali lagi, yg paling penting adalah rasio download dan uploadnya. Misalnya anda download file sebesar 700 mb, kan nggak afdol kalo yg diupload cuman 1 mb atau waktu sharenya cuman 1 jam, dengan koneksi internet yg empot2an pula. Yah, kalo misal anda download 700 mb, dengan koneksi intenrnet di Indonesia, ya paling nggak di-share minimal 1 harilah (24 jam) atau 350 mb kalo anda ingin upload berdasarkan ukuran file. Anda sebenarnya bisa saja menutup program setelah download selesai, tapi kalo itu anda lakukan, anda tidak akan bisa mendownload file exe (dari torrent) lainnya dari website torrent2exe.

Jujur aja, sebenarnya saya kurang sreg sama persyaratan upload setelah download ini. Bukan masalah nggak mau sharing, tp kadang, walaupun diupload, kecepatan uploadnya kecil banget. Akhirnya walaupun udah berjam-jam, file yg diupload nggak begitu besar, akibatnya si program menganggap saya LEECHER pelit yg nggak mau berbagi file, padahal kecepatan uploadnya aja yg lambat. Ujung-ujungnya, saya nggak bisa download file exe lainnya.

Walaupun fasilitasnya terbatas, Torrent2exe sangat cocok kalo lagi kepepet atau untuk pemula yg nggak mau pusing dengan berbagai pengaturan yg ada pada torrent client biasa.

Sumber : Yudha & http://www.torrent2exe.com

Filed under: TIPs & TRIK

One Response

  1. diandra says:

    thanks banget sharing-an nya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: