Culture beyond the Classroom

Heboh Video Skandal Dhea Imut , Mengenali Keaslian Foto dan Video


Beberapa tahun belakangan ini publik Indonesia selalu digemparkan dengan beredarnya foto atau video mesum para artis atau tokoh masyarakat . Berikut ini adalah daftar kasus-kasusnya :

– Video mesum anggota DPR Yahya Zaini dengan artis Maria Eva, ( tahun 2006 ) yang berbuntut mundurnya Yahya Zaini dari DRP sekaligus juga mundur dari partainya ( Golkar ).

– Foto- foto mesra Tommy Soeharto dengan Mayang Sari , yang akhirnya Tomy menikahi Mayangsari dan menceraikan istrinya Halimah.

– Foto- foto Bunga Citra Lestari dengan Ashraf yang akhirnya juga diakui keasliannya.

– foto- foto Marshanda , bahkan Marshanda dengan cuek bilang ” sah-sah aja “.

– foto-foto Rahma dan Sarah Azhari yang akhirnya diakui oleh keduanya.

– foto- foto bugil Shandra Dewi yang ternyata hasil rekayasa alias palsu.

– beredarnya puluhan video kekerasan di sekolah baik antar siswa maupun antara siswa dan guru yang berbuntut damai atau pemecatan sang guru.

– beredarnya foto syur alumni praja IPDN berinisial SM yang juga belum jelas kelanjutannya, namun disinyalir foto tersebut asli.

– dan yang terhangat adalah beredarnya video porno mirip mantan artis cilik Dhea Imut, yang kita masih tunggu hasil akhirnya.

Teknologi Infomasi yang semakin canggih , apalagi handphone berkamera sekarang ini bukan lagi merupakan barang mahal, menjadikan tekhnologi adalah semacam malaikat . Kalau kita pas berbuat salah terus ada yang iseng jeprat-jepret , lantas diedarin di internet, hancurlah kita.

So , jadilah manusia yang selalu dalam kebenaran , walaupun seribu kamera mengintai kita, it’s no problem.

Tips : Mengenali Keaslian sebuah foto
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah foto itu asli atau palsu.

1.Menggunakan perintah TYPE

juprijupri.jpg

lihat foto ini :
cara paling mudah untuk mengetahui apakah foto itu asli atau sudah diedit adalah dengan menggunakan perintah type yang ada didalam MS DOS.Buka MS DOS lalu ketikC:\> TYPE jupri.jpg [Enter]

( jupri.jpg cuma sekedar contoh. Ketik sendiri nama file foto anda )

Bisa kita lihat bahwa dalam file tersebut terdapat teks sebagai berikut:
LG Mobile Ltd.
LG KG 300
10/02/2008
10:37:51

Teks tersebut adalah identifikasi bahwa file gambar tersebut diambil dengan menggunakan handphone LG tipe KG 300 pada tanggal 10 Februari 2008jam 10:37:51. Apabila gambar tersebut sudah di-edit dengan menggunakan Adobe Photoshop maka teks identifikasi tersebut tidak ada.

2.Menggunakan ACDsee

Sebenarnya program ACDsee juga menyediakan fasilitas untuk memeriksa apakah file tersebut asli atau sudah diedit..dengan cara memeriksa metadata file tersebut

A.Jalankanlah software ACD See.
B. Browse pada folder gambar yang diinginkan
C.Pilih dan tampilkan file gambar yang diinginkan
D. Pilih menu File – Properties
E.Setelah itu akan ditampilkan Properties dari file gambar yang terpilih.

Informasi dalam Properties menjelaskan bahwa:
Make : CAMERA
Model : DC1310
Resolusi : 126 x 94  pixel
Tampak jelas bahwa gambar belum pernah di-edit dengan mengunakan Adobe Photoshop.Karena informasi Metadata menunjukkan informasi yang masih asli yaitu diambil denganmenggunakan CAMERA model DC1310.
Setelah mengetahui cara mengidentifikasi foto digital. Nantinya Anda bisa mengetahui apakah foto digital tersebut hasil rekayasa atau asli diambil dari kamera digital / handphone

Keaslian suatu foto juga dapat dilihat secara manual :

– lihat saturasi ( pencahayaan ) dalam objek-obyak di sekitar foto. Foto hasil rekayasa akan terlihat saturasi yang tidak rata. Bahkan terkesan terputus. Namun untuk foto dengan resolusi rendah hal ini sulit dilakukan.

Keaslian Video

Untuk mengetahui keaslian video memang cukup sulit. Apalagi jika videonya beresolusi rendah. Video hasil rekayasa biasanya akan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

– Gambar agak buram seperti hasil suntingan( editting ) atau  copy-an, atau memang secara sengaja di buramkan untuk menyamarkan obyek yang sesungguhnya.

– Jika di forward ( diputar ke depan ) atau rewind (diputar ke belakang ) dengan kecepatan rendah akan terputus di beberapa capture, karena biasanya video rekayasa adalah gabungan dari beberapa capture.

– Zoom ( perbesar ) video, pada objek yang anda inginkan, lalu bandingkan dengan objek aslinya, jika berbeda dipastikan itu adalah video aspal alias asli tapi palsu .

dhea1

Kembali lagi ke masalah Dhea. Setelah melihat beberapa capture dari internet , tampaknya video tersebut kemungkinan palsu. Pelaku sengaja merekam orang yang mirip Dhea kemudian video diburamkan dengan video editor. Bagaimana menurut anda ? kita tunggu saja kelanjutannya.

Filed under: TIPs & TRIK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: