Culture beyond the Classroom

Ilmuwan Perintahkan Robot dengan Pikiran


Sekelompok ilmuwan membuat gebrakan dalam dunia robot. Mereka tengah mengembangkan robot yang mampu diperintah hanya dengan kendali pikiran saja.

Para ilmuwan baru ini tengah bekerja untuk menghadirkan gerakan robot pada sebuah antarmuka komputer yang bisa mengirim perintah ke robot hanya dengan memikirkan mereka.

Peneliti yang berasal di Northeastern University, Boston, dalam menjalankan proyek ini bekerja pada sebuah interface komputer yang dapat menerjemahkan sinyal yang dikirim dari pikiran melalui helm khusus.

Dilansir melalui Science Daily, Selasa (13/7/2010), program komputer secara khusus membagi layar menjadi empat kuadran. Dengan menatap pada kuadran tertentu yang cukup panjang, komputer dapat mengidentifikasi kuadran itu.

Sehingga jumlah kontrol akan terbatas pada empat pilihan. Para peneliti mengatakan bahwa proyek ini akan dibutuhkan oleh banyak umat manusia di masa depan, misalnya, untuk orang cacat untuk dapat mengendalikan kursi roda.

Mereka juga mengklaim dapat membantu dalam mengendalikan peralatan rumah tangga. Sinyal nirkabel dapat dikirim ke robot kecil untuk melakukan perintah, yang pengguna dapat memantau di jendela terpisah pada layar komputer.

Filed under: TEKNOLOGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: