Culture beyond the Classroom

Teleportasi Diharapkan Terjadi 10 Tahun Lagi


Menurut survei yang melibatkan 1.500 orang warga Inggris, sekira 31 persen dari mereka percaya jika teknologi teleportasi akan bisa terwujud dalam waktu dekat.

Teleportasi sendiri merupakan sebuah teknologi yang mampu memindahkan objek/seseorang dari satu tempat ke tempat lain dengan menembus ruang dan waktu. Teknologi ini memiliki pengertian yang sama dengan teori lompatan quantum.

Hebatnya, melalui survei yang dilakukan perusahaan komputer Cisco, warga Inggris banyak yang percaya dengan teori ini. Malah, mereka lebih skeptis dengan teknologi yang ada saat ini. Banyak dari mereka yang percaya jika teknologi konferensi video baru akan booming di masa yang lebih lama lagi, meski teknologi ini sebenarnya sudah digunakan secara umum saat ini.

Bahkan, prediksi publik tentang masa depan teknologi seperti broadband juga cukup mengejutkan dan sepertinya tidak terlau akurat. Dari total responden, sekira 65 persen dari mereka percaya jika koneksi broadband 100 Mbps tidak akan mungkin terimplementasi dalam kurun empat hingga enam tahun ke depan. Bahkan koneksi broadband ultra high speed akan diimplementasikan di beberapa kota di Inggris hingga akhir tahun ini.

Laporan ini memberikan wawasan ke dalam ekspektasi masyarakat terhadap teknologi serta seberapa baik masyarakat melakukan penyaringan informasi inovasi ke dalam lingkungan.

“25 tahun yang lalu ada sekira 1.000 host di internet, sekarang ada lebih dari 1,7 miliar pengguna internet di seluruh dunia, dan jaringan manusia mampu menciptakan perubahan dalam cara kita menjalani hidup, bisnis dan pekerjaan,” ujar CEO dan VP Cisco Irlandia dan Inggris, seperti dikutip melalui Telegraph, Selasa (13/7/2010).

Meskipun telah terjadi lompatan besar di dunia teknologi dalam beberapa tahun terakhir namun banyak masyarakat umum yang justru tidak sadar teknologi baru.
Contohnya Kulkas Pintar. Banyak dari responden yang percaya jika teknologi seperti itu baru akan diimplementasikan pada tahun 2015. Namun ternyata, Electrolux saat ini telah memiliki model kulkas yang mampu mengirim pesan bergambar (MMS).

Survei tersebut merupakan bagian dari laporan Cisco yang bertajuk ‘Connected Conversations’.

CEO Phil Smith juga berkomentar tentang masa depan teknologi dan menyatakan jika 2010 merupakan tahun yang cukup penting. “2010 adalah tahun perubahan Green teknologi, Broadband cepat, bisnis cerdas, perekonomian digital, regenerasi komunitas, inovasi infrastruktur, efisiensi sektor publik. Ini lebih dari sekedar kata-kata. Mereka merupakan elemen penting yang akan membentuk, bukan hanya ekonomi Inggris, tetapi seluruh dunia,” katanya.

“Teknologi telah menjadi bagian besar untuk berperan di Inggris dalam mempersiapkan masa depan, dan kita jauh lebih ambisius untuk menciptakan teknologi yang dapat memberikan sesuatu untuk kita,” tambahnya.

Filed under: TEKNOLOGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: