Culture beyond the Classroom

Indosat Dukung IPv.6


Indosat mengumumkan dukungannya dalam mengimplementasikan internet protocol (IP) versi 6 (IPv.6) di Indonesia. Seperti yang sudah pernah dibahas di dalam Indonesia Internet Provider v.6 Summit 2010 di Bali.

“Saat ini pengguna internet semakin bertambah, sehingga dibutuhkan teknologi terbaru untuk layanan yang lebih baik dengan berbagai keunggulan. Infrastruktur Indosat yaitu Satelit Palapa-D dan Sistem Kabel Laut Jakabare telah siap untuk mendukung implementasi program IPv.6,” terang Prastowo M Wibowo, Group Head Satellite & Submarine Cable Indosat, yang dikutip melalui keterangan, Jumat (18/6/2010).

Internet Assigned Numbers Authority (IANA), sebuah lembaga resmi internasional pengelola alamat IP mengeluarkan data bahwa jumlah alamat tersisa dari IPv.4 saat ini kurang lebih hanya 10% dari kapasitas awal atau sekitar 400 juta alamat saja. Jumlah ini tidak memadai untuk mengantisipasi perkembangan pengguna internet saat ini yang amat luar biasa ditambah lagi dengan adanya perkembangan teknologi telekomunikasi masa datang yang berbasis IP.

Melihat kondisi tersebut, IPv6 atau yang dikenal secara resmi sebagai IP Next Generation (IPng), dipersiapkan untuk menjadi inti dari teknologi internet masa depan. Berbagai kelebihan IPv6 dibandingkan dengan pendahulunya (IPv4) menjadikan teknologi ini layak diimplementasikan dan menjadi solusi kebutuhan internet ke depan.

IPv.6 tidak sekedar menyediakan kapasitas pengalamatan yang ber-triliun kali lebih besar dari IPv.4, tetapi juga memiliki berbagai keunggulan lainnya seperti kemudahan konfigurasi, dapat lebih mudah mengenali perangkat yang berdekatan.

Sehingga proses integrasi ke jaringan menjadi lebih mudah dan efisien, kompatibel dengan teknologi 3G, HSPA, WIMAX – terutama dukungan terhadap fitur mobility, mendukung ad hoc networking.

Filed under: NETWORK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: