Culture beyond the Classroom

Tablet iPad yang Multifungsi dan Prestisius


Baru-baru saja perusahaan Apple memperkenalkan komputer tablet model teranyar, iPad. Tablet multifungsi ini sudah ditunggu-ditunggu. Lantaran gebrakannya untuk mengangkat kembali komputer tablet yang penjualannya sudah mulai lesu.
IPad masuk dalam teknologi mobile device katagori ketiga, yaitu tidak sekadar ponsel pintar dan juga bukan sekadar laptop, namun diantara keduanya. Diperkenalkan dalam suatu pameran di San Francisco, iPad akan dijual dengan harga mulai dari 499 dolar Amerika (sekitar Rp 4,99 juta. Harga ini jauh lebih rendah dari perkiraan para pengamat, yaitu 1.000 dolar Amerika. Apple berencana untuk mulai menjual iPad dalam jangka waktu dua bulan.
Dilansir melalui Engadget menurut CEO Apple Steve Jobs, iPad merupakan generasi ketiga dari computing yang merupakan perpaduan antara iPhone yang ringkas namun mempunyai kemampuan seperti laptop. Tengok saja layar yang diusung dengan ukuran mencapai 9,7 inci termasuk teknologi layar sentuh, sehingga membuat perangkat ini membuat tipis dan bobotnya yang ringan mencapai 1,5 pound.
Untuk isian yang digunakan, produsen yang berbasis di California tersebut sudah menanamkan beberapa teknologi yang canggih, seperti otak chip baru berupa A4 1Ghz serta kapasitas ruangan yang mencapai 16GB dan 64GB, sangat luas untuk alat portabel ringkas. Layar sentuhnya pun dipastikan sudah mengadopsi multi-touch.


Fitur tambahan lainnya yang juga dibenamkan adalah, kemampuannya untuk menangkap konektivitas wifi selain jaringan 3G. Selain itu, gadget ini juga mempunyai perangkat accelerometer untuk menggerakkan game dan multimedia agar semakin lincah. iPad juga ditanamkan dengan speaker aktif dan mikrophone seperti iPhone. Sedangkan untuk baterai, iPad diberikan kekuatan oleh Apple kemampuan hingga 10 jam.
Meledak
Masalah harga, iPad dibanderol dengan harga yang bervariasi. Untuk versi wifi saja dengan kapasitas 16GB, Apple membanderolnya dengan harga 499 dolar Amerika atau sekitar Rp 4,99 juta, sedangkan kapasitas 32GB dipatok 599 dolar Amerika, dan 64GB dihargai 699 dolar Amerika. Untuk iPad yang di-bundling dengan operator AT&T yang menyediakan jaringa 3G, harga iPad 32GB dipasang 829 dolar Amerika.
Sebelumnya, sebagai alat multimedia, iPad tampaknya lebih difungsikan sebagai eBook. Pasalnya secara bersamaan produsen tersebut memperkenalkan aplikasi untuk iPad dengan nama iBook, serta mendirikan iBook Store.
Kehadiran toko iBook ini dijalin bersama lima penerbit yang akan membuat bukunya untuk di jual di toko online baru tersebut. iBook sendiri sudah mendukung format ePub.
Dilihat dari harga dan fitur yang ditawarkan diprediksikan tablet ajaib ini akan membuatnya menjadi gadget yang ‘hot’ dalam dua tahun ke depan. Lantaran fitur yang disediakan dari iPad sebanding dengan harga yang ditawarkan.
Bahkan diprediksikan, tablet pintar ini akan meledak di tahun pertama. Dan ledakannya akan jauh lebih dahsyat pada tahun 2011. Salah satunya adalah lembaga riset dan investasi asal Minneapolis AS, Piper Jaffray. Estimasi itu didasari dari harga iPad dilabel sekitar Rp 4,7 juta, sehingga dalam kurun waktu setahun, diperkirakan akan terjual sebanyak 3-4 juta unit secara global.

Filed under: KOMPUTER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: