Culture beyond the Classroom

Google Search Appliance dan Google Mini di Indonesia


Google akhirnya mengumumkan ketersediaan Google Search Appliance dan Google Mini di Indonesia. Berbagai perusahaan dan organisasi lokal kini dapat menggunakan teknologi pencarian Google lewat konten internal mereka, termasuk intranet, database, aplikasi bisnis dan website publik perusahaan.

“Dengan Google Search Appliance dan Google Mini, perusahaan-perusahaan dengan berbagai skala dapat mencari informasi di dalam perusahaan mereka secara cepat dan mudah, dengan tetap menggunakan interface Google yang sederhana,” kata Bee-Loon Tan, Head of Enterprise Sales, Google Southeast Asia lewat siaran resminya.

Google Search Appliance dapat mengindeks hingga 10 juta dokumen dalam satu kotak, dengan fitur-fitur keamanan yang menjamin tiap pengguna dapat mencari informasi yang hanya diijinkan untuk mereka lihat. Dengan fitur Google Onebox for Enterprise dari Google Search Appliance, para karyawan juga dapat mengakses informasi yang relevan secara real-time dari berbagai macam informasi korporat yang disimpan di dalam solusi aplikasi enterprise, seperti CRM, ERP dan system business intelligent dari Business Objects, Cognos, Microsoft Exchange, Netsuite, Oracle, Salesforce.com, SAP, SAS dan lain-lain.

Berbagai organisasi juga dapat menciptakan modul-modul Onebox untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang mereka buat sendiri. Google Search Appliance dibanderol dengan harga mulai USD 45.000 (MSRP) untuk pencarian hingga 500.000 dokumen.

Sementara untuk Google Mini, merupakan rancangan yang diperuntukkan untuk perusahaan berskala kecil agar dapat manambahkan mesin pencari Google ke dalam jaringan korporat mereka. Dengan plug-and-play yang sederhana, Google Mini dapat dipasang dalam waktu kurang dari satu jam dan memerlukan dukungan administrasi yang minimal. Tersedia dalam berbagai versi, Google Mini yang paling murah dapat melakukan pencarian hingga 50.000 dokumen dengan harga USD 4.500 — termasuk semua hardware, software dan dukungan selama 2 tahun.

Disamping itu Google juga mengumumkan PT. EBconnection Indonesia sebagai reseller untuk produk-produk Google Enterprise search di Indonesia.

“Para pelanggan bisnis kami sangat berminat dengan produk-produk enterprise dari Google untuk memberi para karyawan mereka hasil-hasil pencarian yang cepat, andal dan relevan seperti yang mereka selalu harapkan dari Google,” kata Rivaldi Rivai, Managing Director, PT. EBConnection Indonesia.

Filed under: google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Download Area RSS

free counters

%d bloggers like this: